-->

Pertolongan Pertama Saat Terkena Sengatan Ubur-ubur ketika Berwisata ke Pantai

Tentang Kita - Penanganan Pertama Sengatan Ubur-ubur. Berwisata kepantai memang sangat menyenangkan, kita dapat melihat pemandangan laut dengan langit birunya, mendengarkan deburan ombak yang tak pernah berhenti dan yangg paling mengasikkan adalah kita dapat bermain air di tepi pantai atau berenang. Namun terkadang yang paling mengasyikkan ini dapat menimbulkan bahaya dari mulai terseret ombak atau tersengat ubur-ubur. 
Cara Pertama Menangani Sengatan Ubur-ubu
Ubur-ubur Kotak  (box jellyfish)
Sebenarnya tidak semua jenis ubur-ubur berbahaya, dari sekitar 1.800 jenis ubur-ubur hanya beberapa yang beracun salah satu yang ada di daerah pantai Australia,Indo-Pasifik, dan juga Hawaii adalah jenis ubur-ubur kotak (box jellyfish). Bentuk ubur-ubur ini berbentuk payung berwarna biru tua, ubur-ubur ini biasa berenang 20 cm dari permukaan air dan dapat tumbuh mencapai 2 meter.
Tanda Jika Tersengat Ubur-ubur
Bekas Sengatan Ubur-ubur

Tanda Jika Tersengat Ubur-ubur

Yang harus kita perhatikan ketika ada tanda dari sengatan ubur-ubur adalah sebagai berikut:
  • Terasa nyeri seperti terbakar pada slah satu bagian tubuh kita
  • Terdapat tanda merah, coklat, atau keunguan pada bagian kulit tubuh kita yang mana itu merupakan bekas sengatan oleh tentakel ubur-ubur.
  • Terasa gatal pada bekas sengatan
  • Merasakan kesemutan pada sekitar daerah sengatan
  • Akan terasa nyeri yang menyebar setelah sengatan

Efek Setelah Sengatan Ubur-ubur 

  • Akan timbual rasa mual bahkan dapat sampai muntah
  • Sakit kapala
  • Pusing
  • Terjadi masalah pada pengendalian gerak otot
  • Demam
  • Kesulitan dalam bernapas
  • Hingga dapat mempengaruhi detak dari jantung

Pertolongan Pertama Ketika Tersengat Ubur-ubur

  1. Jika anda merasa ada sengatan pada bagian tubuh anda, segera keluar dari air setenang mungkin untuk menghindari kemungkinan tersengat lagi.
  2. Ketika sudah sampai di daratan jangan panik, segara minta pertolongan pada petugas pantai.
  3. Usahakan tidak menyentuh atau mengaruk bagian yang terkena sengatan karena masih ada sisa tentakel sengatan yang masih beracun. Dengan anda mengaruk atau menyentuhnya sebara langsung bisa membuat anda tersengat semakin banyak.
  4. Siram bekas sengatan dengan air garam (air laut) untuk pertolomgam pertama, hilangkan tentakel yang menempel dengan mengunakan bantuan Kartu ATM atau KTP anda.
  5. Setelah itu bilas dengan cuka atau soda (jika darurat dapat mengunakan Soft drink) pada bagian yang tersengat, kompres dengan air hangat.
  6. Berdasarkan pengalaman penduduk sekitar pantai anda dapat minum kopi susu panas atau kelapa muda untuk membantu menetralisir racun yang ada didalam tubuh. 
  7. Segera ke puskemas atau rumah sakit terdekat untuk penanganan selajutnya.

Intinya disini adalah jangan panik ketika terjadi sengatan, karena dapat mempercepat detak jantung yang akan mempercepat penyebaran racun. Selalu sediakan p3k ketika sedang berwisata ke pantai untuk berjaga-jaga. Semoga Bermanfaat.





Comments