-->

Tips Untuk Mendaki Gunung

Tips Untuk Mendaki Gunung
Foto Document Pribadi

Hay Sahabat Tentang Kita . Berencana untuk pergi trekking gunung untuk pertama kalinya?
Ini mungkin mengasyikkan, karena Anda menantikan pemandangan menakjubkan yang akan Anda lihat dan perjalanan menakjubkan yang akan Anda alami, tetapi pada saat yang sama, itu dapat mengintimidasi karena kurangnya pengalaman Anda. Jadi, jangan meninggalkan rumah tanpa persiapan apa pun. Mulailah sekarang dengan membaca tips keselamatan pendakian gunung ini untuk pemula:

1. Pelatihan untuk pendakian gunung: 

Pendakian gunung adalah kegiatan yang tidak boleh dilakukan tanpa pemahaman yang baik tentang berbagai aspek yang terlibat, mulai dari keterampilan membaca peta dan navigasi hingga kerja tali dan memahami cuaca gunung. Anda harus mempertimbangkan dan bertany kepada yang sudah ahli, atau paling mudah mengajak  mendaki dengan orang yang yang sudah berpengalaman.

2. Persiapan dan perencanaan: 

Luangkan waktu untuk merencanakan dan mempersiapkan pendakian Anda. Ini akan menghabiskan waktu dengan baik dan peluang Anda untuk melakukan pendakian yang sukses dan menyenangkan akan jauh lebih tinggi jika Anda telah mempersiapkan diri dengan baik. Luangkan waktu untuk merencanakan rute, perlengkapan, bahan makanan dan minuman dan menyiapkan kit Anda. Terlepas dari apakah Anda akan melakukan pendakian singkat atau lama, beberapa perencanaan yang cermat dapat membuat semua perbedaan. Serta perencanaan yang cermat, selalu periksa semua kit Anda sebelum Anda pergi .

3. Peralatan Yang Memadai: 

Pastikan Anda berinvestasi dalam peralatan yang memang digunakan untuk kegiatan outdoor. Sepatu, Carrier, jaket, celana dan peralatan lain yang memang untuk ourdoor.

4. Makanan untuk mendaki gunung: 

Pastikan untuk membawa banyak makanan (dan air) pada setiap perjalanan mendaki gunung. Makanan perlu energi tinggi dan ringan. Banyak bar berenergi tinggi dan makanan pra-paket sekarang tersedia. Makanan dapat membuat atau merusak ekspedisi yang lebih lama jadi pastikan makanan yang Anda bawa juga sesuatu yang enak dan menyenangkan! Sangat penting untuk setiap perjalanan mendaki gunung untuk membawa jatah darurat jika Anda berada di gunung lebih lama dari yang diperkirakan.


5. Mengamati cuaca: 

Sebelum memulai perjalanan mendaki gunung, pastikan Anda mendapatkan ramalan cuaca setempat. Anda selalu dapat menunda upaya puncak untuk hari lain, dengan kondisi cuaca yang lebih baik. Namun, begitu Anda berada di rute pendakian gunung, Anda akan sering memiliki sedikit pilihan untuk mundur sehingga memeriksa cuaca sebelumnya adalah suatu keharusan!


6. Mempersiapkan Perlindungan darurat: 

Terlalu banyak kecelakaan dan cedera yang benar-benar dapat dihindari terjadi di gunung karena orang-orang hanya meremehkan kekuatan cuaca gunung yang luar biasa. Selalu bawa tempat penampungan darurat, mereka kecil dan ringan tetapi bisa menjadi penyelamat, melindungi Anda dari unsur-unsur jika cuaca tiba-tiba berubah. Ada banyak tempat penampungan yang tersedia dari dua orang ke tempat penampungan kelompok besar.


7. Pelajari Apa Yang Dilakukan Saat Tindakan Keadaan Darurat: 

Tidak ada yang mau berpikir bahwa kecelakaan akan terjadi pada mereka tetapi akan bodoh untuk berpikir bahwa ini akan selalu menjadi masalah. Luangkan waktu untuk bersiap, dan latih tindakan pada berbagai jenis keadaan darurat. Pelatihan tingkat tinggi berarti Anda akan bereaksi tanpa harus berpikir, yang bermanfaat karena kemampuan membuat keputusan sangat terganggu dalam kondisi stres.


8. Selalu Membawa Sarana komunikasi: 

Selalu bawa ponsel Anda (tersegel dalam tas tahan air) saat mendaki gunung. Jika terjadi keadaan darurat, ini akan menghemat waktu yang berharga jika Anda dapat menghubungi layanan darurat dengan segera. Ketahuilah bahwa kekuatan sinyal jaringan tidak ada di beberapa daerah terpencil. Untuk ekspedisi seperti itu radio sangat penting karena memungkinkan anggota partai untuk berkomunikasi ketika tidak terlihat satu sama lain di gunung, tetapi juga ke radio untuk bantuan jika diperlukan.

Dalan pendakian kita harus selalu mempersiapkan segala hal. Termasuk ketika dalam keadaan darurat. Berikut ini tindakan yang harus kita lakukan.

Dalam keadaan darurat mendaki gunung:



  • Jangan terburu-buru, tetap tenang. Kalau tidak, kecelakaan kecil bisa meningkat menjadi insiden besar.
  • Nilai kondisi korban dengan cepat.
  • Menentukan apakah mereka dapat dirawat dan dievakuasi oleh partai atau jika bantuan eksternal diperlukan.
  • Panggil bantuan eksternal jika diperlukan menggunakan ponsel Anda. Jika Anda tidak memiliki sinyal maka seseorang harus pergi untuk mendapatkan bantuan.
  • Jangan pernah meninggalkan korban tanpa pengawasan kecuali benar-benar tidak dapat dihindari yaitu jika mendaki sebagai pasangan. Setidaknya dua anggota partai yang bugar dan andal harus dikirim. Tuliskan referensi-grid dan deskripsi lokasi serta cedera korban untuk dibawa ke layanan pertolongan. (Penerima GPS dapat membuktikan sangat berharga dalam menentukan lokasi tepat Anda untuk diberikan kepada tim penyelamat.)
  • Pindahkan korban ke tempat berlindung dan jaga agar tetap hangat, terhidrasi, dan diyakinkan. Namun, JANGAN PERNAH memindahkan korban jika Anda mencurigai adanya cedera tulang belakang.
  • Jangan pernah bergerak jauh dari rute pendakian Anda karena di sinilah tim penyelamat gunung akan memfokuskan pencarian mereka. Jika Anda perlu menemukan tempat berlindung maka tinggalkan tanda yang menunjukkan arah Anda ke tim penyelamat.



Kegiatan pendakian memang menyenangkan, namum perlu banyak hal dan persiapannya. Karena resiko dari kegiatan memang cukup tinggi. Jangan hanya memikirkan supaya dapat foto bagus ketika pendakian, pikirkan juga keselamatan anda.... Salam Lestari
JANGAN TINGALKAN SAMPAH DI GUNUNG !!!

Comments