-->

Pesona Tersembunyi Air Terjun Madakaripura

Tentang Kita - Berwisata ke air terjun memang memiliki rasa dan kesan yang tersendiri, apalagi jika air terjun yang kita kunjungi masih alami dan berada di dataran tinggi yang berhawa sejuk. Salah satunya adalah air terjun Madakaripura yang berada di kota Malang ini.
Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura berada di  Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur yang berada masih dalam satu kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun ini merupakan yang tertinggi di pulau jawa dan nomor dua di indonesia, memiliki ketinggian sekitar 200 meter. Air terjun ini menjadi sangat eksotis karena dikelilingi oleh tiga bukit yang selalu meneteskan air sehingga terkesan sedang terjadi hujan. Pesona lain di air terjun Madakaripura adalah adanya goa yang berada dibalik air terjun, namun sangat disarankan jangan coba-coba mencapai gua ini tanpa peralatan khusus dan pendamping yang ahli karena sangat berbahaya. Karena untuk mencapai gua ini harus melewati sekitar 25 meter air yang berada tepat dibawah air terjun dengan kedalaman sekitar 7 meter.
Air Terjun Madakaripura
Jalan Menuju Air Terjun Madakaripura

Untuk mencapai air terjun ini kita akan disuguhi pemandangan yang khas dataran tinggi yaitu pohon-pohon yang besar, beberapa sungai dan pastinya hawa sejuk khas pegunungan. Siapkan sepatu gunung atau sandal gunung supaya anda nyaman dan tidak repot sendiri ketika dalam perjalanan. Diperlukan perjalan sekitar 30-60 menit dari parkiran motor untuk mencapai air terjun ini tergantung stamina dan fisik anda. Ketika rasa lelah berjalan akan segera hilang ketika kita mendengar gemuruh air terjuk dan sejuknya air tempias. Dan pemandangan air terjun Madakaripura yang indah dan alami akan mempesona anda.
Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura

Patung Gajah Mada Air Terjun Madakaripura
Patung Gajah Mada Air Terjun Madakaripura

Tips Ketika Berwisata ke Air Terjun Madakaripura


  • Ketika memakirkan motor, sebaiknya bilang pada tukang parkir supaya motor jangan dicuci. Karena jika anda tidak bilang maka otomatis motor anda akan dicuci dan pembayaran akan ditagih ketika anda kembali.
  • Jika ada penduduk menawarkan sebagai pemandu, tentukan kesepakatan ongkos diawal supaya anda tidak di “tonjok” harganya.
  • Bawa pakaian ganti, dan mengunakan pakaian dan sepatu outdoor.
  • Jangan berkunjung pada musim hujan karena rawan longsor dan sore hari karena biasanya akan hujan.
  • Ajak teman yang pernah berkunjung kesana sebagai pemandu dan sebagai bahan petimbangan.
Demikian penjelasan tentang Air Terjun Madakaripura mudah-mudahan dapat menjadikan tempat refrensi wisata anda. Semoga Bermanfaat.




Comments