-->

Tidak Boleh Ada Orang Mati di Kota Longyearbyen

Tentang Kita - Dilarang mati di Kota Longyearbyen. Longyearbyen adalah salah satu kota yang berada negara Norwegia, lebih tepatnya 78 derajat LU, Kepulauan Svalbard, Norwegia. Kota ini sangat dekat dengan Kutub Utara sehingga suhu di daerah ini berkisar antara -7 derajat celcius. Di kota yang banyak terdapat beruang kutub ini, Matahari hanya akan muncul selama empat bulan sehingga bisa dibayangkan sendiri betapa dinginnya suhu di Longyearbyen.
Kota Longyearbyen
Kota Longyearbyen

Jumlah penduduk yang tingal di kota ini sekitar 1.500 jiwa dan kebanyakan bekerja sebagai pemandu wisata dan penglola penginapan dan hotel. Ciri khas dari Longyearbyen adalah rumah-rumah yang terbuat dari kayu yang dicat warna-warni dengan kaki-kaki yang menancap kedalam tanah unuk menghindari rumah bergeser karena bagian bawah teridiri dari campuran tanah dan es.
Pemakamam di Kota Longyearbyen
Pemakamam di Kota Longyearbyen

Keunikan lain dari kota ini adalah dilarang mati di kota Longyearbyen. Seandainya penduduk asli atau wisatawan jatuh sakit maka akan diterbangkan atau dikirim dengan kapal ke kawasan lain di Norwegia, untuk menghadapi ajal. Seandainya nyawa tidak dapat tertolong maka pemakaman tidak akan dilakukan dikota ini. Karena kota Longyearbyen sudah berhenti menerima pemakaman sejak tahun 1950. Meskipun terkesan agak kejam, tetapi bila ditelisik akan masuk akal karena jika mayat dikuburkan di kota ini tidak akan bisa membusuk. Hal ini disebabkan mayat akan terawetkan oleh permafrost atau tanah yang membeku sepanjang waktu yang memcapai kedalaman 10-40 meter. Sehingga sampai sekarang ketika ada orang yang akan meninggal maka akan segera diungsikan kekota lain. Selain alasan diatas kota Longyearbyen sangat minim tenaga medis dan peralatan medis untuk penanganan orang sakit.
keindahan alam kota Longyearbyen
Keindahan Alam kota Longyearbyen

Keindahan Alam kota Longyearbyen
Keindahan Alam kota Longyearbyen

Keindahan Alam kota Longyearbyen
Keindahan Alam kota Longyearbyen

Terlepas dari kesan mengerikan tersebut diatas, ternyata banyak wisatawan yang datang berkunjung dan menikmati keindahan alam kota Longyearbyen. Pemandangan kota yang dikelilingi gunung tinggi yang selalu diselimuti salju, rumah-rumah unik yang dapat untuk menginap. Daya tarik lain bagi wistawan adalah diadakannya perayaan menyambut sinar Matahari karena pada tanggal 25 Oktober sampai dengan 8 Maret tidak pernah terlihat maka pada pukul 12.15 seluruh penduduk kumpul untuk menunggu sinar matahari pertama setelah empat bulan. Semoga Bermanfaat.

Comments