-->

Menikmati ‘Jurassic Park’ di Sukabumi

Tentang Kita - Wistata Ciletuh Geopark. Apa yang ada dalam pikiran anda jika mendengar kata Jurassic Park. Pasti sebuah pulau tersembunyi dengan tanaman, batuan dan hewan-hewan kuno yang berdiam didalamnya. Pastinya pemandangan seperti itu sangat ingin kita nikmati, jangan khawatir jika anda ingin menikmati pemandangan seperti di film Jurassic Park anda dapat berkunjung ke Ciletuh Geopark. Walapun bukan Jurassic Park asli tapi mirip-miriplah.. hehe.
Ciletuh Geopark (Pic : tempatwisataseru.com)

Ciletuh Geopark berada di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat atau sekitaran pantai selatan Pelabuhan Ratu. Geopark yang diperkirakan berumur 65 juta tahun ini cukup luas dan masuk dalam Jajaran Geopark Nasional sejak tahun 2015 yang lalu. Kemudian apa saja yang ada di Geopark ini.

Pantai Palangpang

Pantai ini merupakan muara dari aliran sungai Curug Cimarinjung. Bentuk dari bibir pantai ini mirip tapal kuda yang sebagian besar didominasi oleh pasir dan memiliki garis pantai yang sangat luas. Untuk air memang agak keruh karena merupakan muara sungai. Tapi jangan kecewa dulu, ada beberapa spot yang cukup bagus disekitaran pantai ini.
Pantai Palangpang (sunarma.id)

Pantai Palangpang (phinemo.com)


Curug Awang

Curug ini sangat terlihat eksotis dan terkesan curug kuno. Memiliki ketinggian sekitar 40 meter serta memiliki lebar 60 meter memang menampah pesona dari curug ini. Banyak juga yang menyebut curug in sebagai Niagara mininya Indonesia.
Curug Awang (rahmaliza.weebly.com)


Curug Awang (chokysihombing.com)

Curug Sodong

Curug ini memang memiliki beberapa nama seperti Curug Sodong alias Curug Cikanteh alias Curug Kembar alias Curug Penganten. Air terjun ini memang terletak agak tersembunyi karena berada diantara dua cekungan bukit. Ketinggian air terjun ini sekitar 20 meteran dan memiliki dua aliran air yang sangat indah. Dibawah air tejun terdapat ceruk yang melengkung.
Curug Sodong (inisukabumi.com)

Curug Sodong (efenerr.com)

Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung memang terlihat berbeda dengan dua curug yang lainnya. Karena di curug ini sangat kelihatan dan kental dengan bebatuan kunonya sehingga seperti kita sedang berada pada jaman kuno. Di curug ini kita diberi pemandangan batu yang tidak beraturan dan seperti air terjun yang memiliki dua tingkat.
Curug Cimarinjung (efenerr.com)

Curug Cimarinjung (efenerr.com)
Curug Cimarinjung (efenerr.com)


Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung (tempatwisataseru.com)

Puncak Darma

Puncak Darma merupakan bukit tertinggi di Geopark ini. Dari puncak bukit ini kita dapat melihat sunset dan sunrest dengan pemandangan dibawah adalah pantai palangpang. Anda juga dapat membuat camp di bukit  ini untuk sekedar beristirahat atau ingin melihat sunset.
Puncak Darma (prides-online.com)

Pemandangan Dari Puncak Darma (twitter.com)

Sangat indah bukan, sebaiknya anda mengunjungi Ciletuh Geopark ini dalam beberapa hari. Karena jarak antara satu tempat wisata ketempat yang lain cukup memakan waktu dan anda dapat puas menikmati pemandangan tersebut. Semoga Bermanfaat.

Comments