-->

10 Makanan Khas 5 Kabupaten di Yogyakarta

Tentang Kita - Makanan Tradisional Yogyakarta. Setiap daerah pasti memiliki ciri khas makanan tersendiri, sehingga ketika kita berwisata ke suatu daerah sebaiknya kita mencoba dan merasakan ciri khas dari setiap daerah tersebut. Misalkan saat anda berwisata ke Yogyakarta yang memiliki 5 kabupaten yang memiliki makanan tradisional yang patut anda coba. Berikut hanya sekedar refrensi buat anda.

Sleman

Jadah Tempe
Jadah Tempe

Jadah merupakan makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan yang akan dicampurkan dengan kelapa maka akan didapatkan rasa gurih khas kelapa. Sedangkan untuk proses pembuatannya beras ketan direndam semalam, kemudian dikukus dengan cmpuran kelapa setelah itu ditumbuk sampai halus lalu dipipihkan sebelum dipotong kotak-kotak

Kemudian tempe bacem digunakan sebagai pendamping dari jadah, proses pembuatannya mirip dengan aneka baceman yang lain kemudian digoreng. Jadah tempe merupakan dua perpaduan makanan yang pas, jadah yang berasa gurih dengan tempe bacem yang manis rasanya pasti woow deh. Anda dapat mendapatkan makanan ini disekitaran tempat wisata Kaliurang, Yogyakarta dan yang terkenal Warung Jadah Tempe Mbah Carik.

Kripik Belut (Peyek Welut)
Peyek Belut

Makanan ini terbuat dari belut yang dibumbui kemudian dibalut dengan tepung lalu digoreng, rasanya gurih, renyah dan krispy. Sangat cocok untuk oleh-oleh anda ketika berwisata ke Yogyakarta. Keripik ini banyak dijual disekitaran Pasar Godean, Sleman. Dan sekarang sudah ada sentra keripik belut sebalah Timur Pasar Godean Sleman.

Kulon Progo

Geblek dan Besengek Tempe
Geblek, Tempe Besengek

Geblek merupakan makanan tradisional dari Kabupaten Kulon Progo yang terbuat dari tepung tapioka. Makanan ini memang memiliki bentuk yang merupakan cirinya yaitu bentuk bulat kecil ada pula yang dibentuk mirip angka delapan. Rasa dari geblek ini kenyal dan gurih. Proses pembuatannya tepung tapioka dibumbui garam dan bawang kemudian dukus, lalu di bentuk setelah itu digoreng dengan minyak.
Memang tidak lengkap rasanya jika makan geblek tanpa ditemani Besengek Tempe Benguk, makanan ini terbuat tempe dari bahan biji benguk yang kemudian di bumbui sengek berupa salam, garam, ketumbar kenudian digoreng. Makanan ini bisa anda dapatkan di sekitar Wates atau Pasar Sentolo Yogyakarta.

Slondok Singkong

Slondok Singkong

Slondok merupakan makanan yang terbuat dari singkong yang dikukus lalu dihaluskan dan dibumbui. Setelah itu dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil setelah itu dikeringkan lalu digoreng. Rasanya renyah dan gurih rasa bawang. Sangat cocok untuk camilan maupun lauk makan anda. Anda dapat mendapatkan makanan ini disekitar Kalibawang, Kulon Progo atau pasar Kenteng dan Dekso.

Bantul

Geplak
Geplak

Makanan khas Kabupaten Bantul terbuat dari parutan kelapa yang kemudian dicampurkan dengan tepung dan gula pasir atau gula merah. Kemudian dibentuk menjadi bulatan-bulatan dan sekarang sudah dikresikan memeiliki berbagai macam rasa dan warna. Rasa yang manis dan gurih memnag mengugah selera. Anda dapat mendapatkan makanan ini di pusat oleh-oleh yang tersebar di Yogya.

Peyek Tumpuk
Peyek Tumpuk

Bahan untuk membuat peyek ini memang hampir sama dengan peyek kebanyakan tetapi makanan ini memiliki cirikhas khusus yaitu bentuknya seperti peyek yang ditumpuk sehingga memiliki sensasi kacang tanah yang cukup banyak. Peyek tumpuk berasa renyah dan gurih cocok untuk camilan atau lauk makan.  Anda dapat mendapatkan peyek ini di Toko Mbok Tumpuk, JL. Wahid Hasyim, No. 104 B, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gunung Kidul

Tiwul
Tiwul

Sebenarnya tiwul merupakan makanan pokok penganti nasi karena padi cukup sulit ditanam di gunung kidul yang sebagian besar berupa bukit kapur. Tieul merupakan makanan trdisional dari Gunung Kidul yang terbuat dari olahan singkong. Untuk proses pembuatannya singkong dikeringkan kemudian ditumbuk sampai halus lalu dikukus dengan menambahkan gula merah. Dan disjikan dengan parutan kelapa. Anda dapat mendapatkan tieul ini di Gathot Tiwul Yu Tum l. Pramuka No. 36, Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Walang Goreng
Walang Goreng

Meskipun terdengar agak gimana gitu namun walang goreng banyak dicari oleh wisatawan ketika berkunjung ke Gunung Kidul. Walang atau belalang yan digunakan adalah walang pohon jati yang banyak tumbuh di Gunung Kidul. Untuk cara membuatnya walang dicuci bersih kemudian di bumbui atau tidak kemudian digoreng. Rasa yang gurih dan renyah mirip dengan udang. Kandungan protein dalan makanan ini juga cukup tinggi. Anda dapat memperoleh makanan ini di Belalang Goreng Pak Gareng Wonosari, Gunung Kidul.

Yogyakarta

Bakpia
Bakpia

Bakpia merupakan makan tradisional Yogyakarta yang terbuat dari kacang hijau yang dicampur dengan gula kemudian dibungkus denga tepung.cara pembuatan bakpia dengan membuat adonan dari kacang hijau dan gula kemudian dibungkus dengan adonan tepung setelah itu dipanggang. Sekarang sudah ada beberapa varian rasa bakpia seperti coklat, keju, original dan yang lainnya. Untuk mendapatkan makanan ini anda dapat mengunjuni perkampungan Pathok sekitar Malioboro.

Yangko
Yangko

Yangko terbuat dari tepung beras ketan yang ditambahkan gula. Makanan yang biasa dibentuk kotak-kotak kecil yang berasa manis dan kenyal. Untuk varian rasanya cukup banyak seperti anggur, strowberry, melon, coklat, nanas dan yang lainnya. Untuk mendapatkan makanan ini anda dapat membelinya dipusat oleh-oleh sekitar Malioboro.

Ciri khas makanan tradisional dari Kota Yogyakarta memang bisanya berasa manis dan gurih. Mudah mudahan ini dapat menjadikan refrensi oleh-oleh anda ketika berwisata ke Yogyakarat. Semoga Bermanfaat. 



2 comments

  1. pengen nyoba makanan khas Kulon Progo,,enak banget kelihatannya
    kalau ke jogja jangan lupa kunjungi kami Rental Mobil Jogja

  2. Inak nya Tiwul