-->

Tips Mendaki Gunung Saat Musim Hujan

Dokumen Pribadi


Halo sahabat tentang kita, bagi sahabat yang akan melaukukan pendakian pada musim hujan. Kita perlu mempersiapkan dan memperhatikan beberapa pengetahuan ketika melakukan pendakian pada musim hujan.

Mungkin beberapa tips berikut ini dapat untuk pengetahuan kita hal-hal yang harus dilakukan dan dihindari saat melakukan pendakian musim penghujan untuk keselamatan kita bersama. Ya memang kita ketahui Sebenarnya mendaki gunung saat musim penghujan lebih berisiko daripada musim kemarau. Oleh karena itu, harus paham kondisi cuacanya dan berikut beberapa tips buat anda

Perhatikan Pakaian


Sebaiknya gunakandan persiapkan jaket waterproof, jaket anti dingin, sampai pakaian tidur, pastikan yang dibawa juga adalah dry-fit (pakaian mudah kering). Selain ringkas dibawa dan ringan, pakaian berbahan dry-fit akan 10 kali lebih cepat kering dari pakaian biasa. Sebaliknya, hindari pakaian (baju / celana) berbahan jeans.

Peralatan Wajib


Bagi anda yang ingin mendaki saat musim hujan tiba, berikut adalah peralatan yang wajib di bawa:

* Sepatu Waterproof, ini bertujuan supaya bisa becek-becekan tanpa perlu khawatir berlebihan. Dan yang terpenting supaya kaki tetap kering dan hangat

*Sandal : ini akan berguna saat akan mendirikan tenda atau muter nyari-nyari ransum ke tenda tetangga tanpa ribet pasang lepas sepatu hehehe.

*Payung, percayalah, payung akan berguna banget, selain untuk menangkal hujan, payung juga bisa digunakan untuk buat aktivitas di luar tenda misal Buang air Besar/kecil dan keperluan lainnya.

*Jas hujan, meski sudah membawa payung, kamu juga tetep wajib membawa alat ini karena akan sangat berguna saat kita kehujanan di perjalanan. Karena dengan mengunakan mantol pergerakan lebih leluasa daripada payung.

*Kanebo, selain untuk bersih-bersih tenda atau apapun yang serba basah akibat kehujanan, kanebo bisa juga untuk mengeringkan badan, lebih mudah dari pada handuk, lebih simple lagi.

*Minuman instan dengan kita membawa minuman instan yang menghangatkan tubuh. Maka kita dapat dengancepat menghangatkan tubuh ketika mulai kedinginan
Contoh : jahe, coklat, ronde, atau yang lainnya dan yang terpenting jangan minuman alkohol ya.

Persiapan Lainnya


Pilih Gunung yang Tepat


Saat ingin mendaki gunung pada musim hujan pilihlah gunung yang tidak terlalu tingi dan panjang tracknya. Pilihlah gunung yang jalurnya tidak berbahaya saat musim hujan, misal rawan longsor, banjir, atau potensi badai. Karena pendaki yang baik pasti tahu, mendaki bukan tentang menaklukan gunung, namun mendaki adalah soal menaklukan diri sendiri.

Segerakan Istirahat


Alangkah baikknya jika cuaca hujan deras carilah shelter atau mendirikan tenda untuk berteduh, dan segerakan istirahat. Jangan lupa ganti baju yang kering, makan dan minum minuman yang anget. Badan perlu banget istirahat. Aktivitas bisa dilanjutkan kalau hujannya sudah reda atau berhenti.

Balik Arah


Taklukkan egomu untuk Jangan ragu dan bersegeralah balik arah, jika tidak memungkinkan untuk naik ke puncak gunung. Karena takkan lari puncak gunung yang kau kejar. Atau Mungkin sudah saatnya naik ke puncak pelaminan wkwkwkwckkk .

Mungkin hanya itu beberapa tips dari kami, semoga bermanfaat.

Salam Lestari
Jangan Nyampah Digunung

Comments