-->

10 Pasukan Khusus Paling Mematikan di Dunia



Halo Sahabat Tentang Kita, setiap negara memiliki pasikan khusus dalam angkatan bersenjatanya. Selain untuk memertahankan negaranya, juga bertujuan  untuk menjaga keamanan negara serta keperluan lainnya. Berikut ini kami berikan daftar beberapa pasukan khusus yang ada di negara-negara di dunia

1. US NAVY SEAL Amerika Serikat

Sumber Gambar Disini


The United States Navy Sea, Air and Land (SEAL) dibentuk tahun 1962. Dinamai Navy SEAL karena sesuai dengan lingkungan tempat mereka beroperasi, Laut, Udara, dan Darat, dan merupakan dasar dari pasukan tempur Perang Khusus Angkatan Laut. Mereka diatur, dilatih dan diperlengkapi untuk melakukan berbagai misi Operasi Khusus di semua lingkunga operasional. US NAVY SEAL sampai saat  hari ini masih menduduki urutan pertama pasuan elit dunia.

Pelatihan sangat menuntut, baik secara mental maupun fisik, dan menghasilkan pejuang maritim terbaik di dunia. Navy SEAL terkenal karena kemampuannya untuk bertugas di bawah air dan menangani pengintaian khusus, penanggulangan terorisme, penyelamatan sandera, dan perang non-konvensional

2. ALPHA GROUP Russia

Sumber Gambar Disini

 Pada 28 Juli 1974, Grup Alpha dibentuk atas perintah Ketua KGB, Yuri Andropov, setelah pembantaian Munich tahun 1972. Alpha Group terkenal sebagai unit elit antiterorisme. Nama resminya adalah Directorate “A” of the FSB Special Purpose Center (TsSN FSB), yang merupakan sub unit elit dari Pasukan Khusus Rusia yang berdiri sendiri.


3. KAIBILES : Guatemala

Sumber Gambar Disini


Didirikan tahun 1975, pasukan komando kontra revolusioner Guatemala, Kaibiles, ialah pasukan khusus tak kenal takut yang ahli dalam peperangan hutan dan operasi menumpas pemberontakan. Kaibiles merupakan saya operasi khusus Angkatan Bersenjata Guatemala. Mereka berspesialisasi dalam taktik perang hutan dan operasi kontra-pemberontakan.  Motto mereka “Jika saya maju, ikuti saya. Jika saya berhenti, desak saya. Jika saya mundur, bunuh saya.

4. GSG 9 Jerman 

Sumber Gambar Disini

Merupakan Pasukan Kelompok Perlindungan Perbatasan 9 atau GSG 9 mulai bertugas pada 17 April 1973, sebagai unit kontra-terorisme dan operasi khusus Jerman. Banyak negara yang meniru pola pendidikan dan operasi GSG ini. Mereka berhasil menyelamatkan warga Jerman dari sekelompok teroris bernama Gerakan September Hitam menyusup ke Olimpiade Musim Panas yang diadakan di Munich, Jerman Barat.

Hingga saat ini diperkirakan GSG9 pernah melakukan sekitar 1.500 misi khusus. Pada tahun 2005, mereka memenangkan tantangan SWAT World. Komandan Polisi Israel pernah memuji unit ini sebagai pasukan antiteror terbaik dunia saat melihat mereka beraksi di lapangan.

5. KOPASSUS Indonesia 

Sumber Gambar Disini

Kopassus merupakan pasukan khusus yang sangat diandalkan di Indonesia, sedangkan KOPASSUS merupakan singkatan dari Komando Pasukan Khusus, dibentuk sebagai pasukan khusus Indonesia tahun 1952. KOPASSUS merupakan bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat. Angota kopassus memiliki kemampuan khusus seperti
Pertempuran jarak dekat dengan maupun tanpa senjata,
Keahlian melempar pisau dan kampak,
Ahli dalam pertempuran di gunung, hutan rawa, dan laut
Memeiliki kemampuan penembak jitu
Serta dibekali ilmu intelejen dan pengintaian.

Kopassus melakukan banyak operasi dan misi khusus seperti aksi langsung, perang non-konvensional, kontra-pemberontakan, kontra-terorisme, pengumpulan intelijen

6. SPECIAL SERVICE GROUP (SSG)  Pakistan 

Sumber Gambar Disini

Dikenal sebagai “Black Storks” karena perangkat kepala yang unik dari pasukan komando, pasukan khusus Pakistan ini adalah salah satu pasukan khusus yang terbaik di dunia. Special Service Group (SSG) melakukan operasi tempur yang dipersenjatai dengan serius, meluncurkan peperangan non-konvensional, sabotase, pengumpulan intelijen, pertempuran jarak dekat, dan spionase. Untuk menjadi bagian dari pasukan, seseorang harus menyelesaikan beberapa pelatihan, termasuk berbaris sejauh 36 mil dalam 12 jam dan berlari sejauh 5 mil dalam 50 menit dengan membawa perlengkapan penuh.

7. W GROM Polandia


Sumber Gambar Disini

W GROM  adalah unit kontra-terorisme dari Polandia. GROM yang artinya guntur, adalah salah satu dari lima unit pasukan operasi khusus dari Angkatan Bersenjata Polandia. Mereka mulai aktif pada 13 Juli 1990, dan ditempatkan pada berbagai operasi khusus.

8. SAS Inggris

Sumber Gambar Disini

British Special Air Service adalah rekan infanteri dari Special Boat Service. Lambang SAS menunjukkan semboyan “Siapa yang berani akan berjaya.” SAS dapat diibaratkan makan pengintaian target jarak dekat dan perang kontra-revolusioner saat sarapan. Mereka dapat bertahan lama saat berada di pegunungan, hutan, gurun, dan lingkungan kota, dan mahir
mendulang keuntungan dengan menulis buku laris setelah mereka pensiun.

9. EKO COBRA Austria

Sumber Gambar Disini

EKO COBRA merupakan pasukan khusus negara Austria yang didirikan pada tahun 1978. Unit Taktis Operasi Khusus Austria - EKO Cobra - telah aktif sejak 1978. Peran utama EKO Cobra, yang telah menjadi salah satu Pasukan Khusus top di dunia, adalah dengan Penegakan Hukum Domestik dan Penanggulangan Terorisme. Unit taktis ini beroperasi di tingkat nasional dan internasional - di mana ia secara resmi diakui sebagai unit antiteroris.

Awalnya, unit ini dibentuk dengan nama GEK (Gendarmerieeinsatzkommando) tetapi pada tahun 2002 diubah oleh Kementerian Federal Dalam Negeri menjadi EKO Cobra.


10. Turkish Special Forces AKA Turki

Sumber Gambar Disini

Pasukan Khusus Turki AKA "Maroon Berrets" adalah salah satu tentara elit paling terkemuka di dunia. Pasukan ini didirikan pada tahun 1992 sebagai brigade pasukan khusus dengan nama Hususi ve Yardımcı Muharip Birlikleri, menggantikan Departemen Perang Khusus (Bahasa Turki: Özel Harp Dairesi). Itu dikerahkan untuk memiliki kekuatan untuk melakukan operasi rahasia di belakang garis musuh untuk pengumpulan intelijen dan operasi komando. pasukan yang memiliki semboyan Motto : ”One Dies,Thousand Rises”. ini semakin kuat sekarang stelah kepemimpinan Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan.

Comments