-->

Inilah Daftar Perpustakaan Keren di Indonesia, Yang Bikin Betah Berlama-lama.



Halo Sahabat Tentang Kita, nah pada kali ini kami akan berbagi beberapa pPerpustakaan yang cukup keren di Indonesia. Perpustakaan selain buat belajar, ternyata juga bisa untuk rekreasi dan menenangkan diri. Danpastinya bermanfaat dan menambah ilmu.

Perpustakaan Grahatama Pustaka, Yogyakarta

Sumber Gambar

Grahatama Pustaka terletak di Jalan Janti no.344 Banguntapan Bantul Yogyakarta. Perpustakaan yang merupakan terbesar di Indonesia ini memeiliki luas sampai dengan 2,4 hektar. Pustaka ini merupakan perpustakaan umum lho,jadi semua lapisan  masyarakat umum bisa mengaksesnya, gedung ini juga menyediakan fasilitas untuk penyandang disabilitas.
Sumber Gambar

Keungulan perpustakaan ini adalah kembali mencetak buku-buku langka dalam bentuk fisik maupun digital. Selain koleksinya yang lengkap suasana dan ruangan cukup luas dan nyaman buat anak anak juga. Jadi rekomendit banget kalau buat mencari ketenangan. Grahatama Pustaka ini buka setiap hari,mulai pukul :

Senin-Jumat : 08.00 s.d. 22.00
Sabtu : 08.00 s.d. 16.00
Minggu : 08.00 s.d. 16.00

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Sumber Gambar

Perpustakaan ini terletak  Jl. Medan Merdeka Selatan No.11  Jakarta 10110, Perpustakaan yang satu ini baru diresmikan pada Oktober 2017 lalu. Digadang-gadang sebagai perpustakaan tertinggi di dunia, Perpustakaan Nasional RI punya 27 lantai. Letaknya ada di Jalan Medan Merdeka Selatan, berhadapan langsung dengan Tugu Monumen Nasional (Monas).

Sumber Gambar

Di sini, kamu bukan cuma bisa menemukan koleksi buku yang super lengkap, tapi juga bisa menikmati beragam fasilitas lainnya. Dari fasilitas anak dan penyandang disabilitas, auditorium, ruang pameran, kafe, atau membaca buku sambil menikmati pemandangan kota Jakarta dari rooftop yang disediakan. Keren, kan!

Perpustakaan Nasional Buka pada :

Senin - Kamis 08.00 - 21.00 WIB
Jumat 09.00 - 21.00 WIB Kuota antrian layanan ke anggotaan 500

Layanan Malam (Layanan Koleksi Audiovisual Lt.8, Layanan Multimedia lt 19, Layanan Koleksi Monograf Terbuka lt. 21&22) Sabtu - Minggu 09.00 - 16.00 WIB Kuota antrian layanan keanggotaan 400
Hari Besar Libur

Perpustakaan Universitas Indonesia, Depok

Sumber Gambar

Perpustakaan ini terletak Gedung Crystal of Knowledge, Kampus UI, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424. Sejak awal pembangunan memang sudah menrik perhatian karena desain gedungnya  yang unik.  Dengan luas mencapai 2,5 hektar  dan memiliki koleksi hingga 3-5 juta judul buku lho.

Sumber Gambar

Dimana pengunjung bisa mencapai 20 ribu, bukan hanya mahasiswa UI depok yang ikut berkunjung, bahkan mahasiswa dari jakarta dan sekitarnya juga sering Nongkrong di sini. Ini tidak heran karena daleamnya lengkap mirip Mall. Gimana nggak? Perpusat (perpustakaan pusat) ini dilengkapi dengan Starbucks, foodcourt, gym, toko buku, hingga kebun apel (Mac room) yang memungkinkanmu untuk streaming film online. Wiih, lengkap banget ya, Guys? Yuk, ke sana!
Jam kunjung Perpustakaan Universitas Indonesia

Senin – Sabtu Jam 08:00 – 19:00 Minggu Libur

Perpustakaan Soeman HS, Pekanbaru

Sumber Gambar

Perpustakaan ini terletak  Jl. Jenderal Sudirman No.462, Jadirejo, Kec. Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau 28121. Perpustakaan ini dibangun oleh pemerintah Provinsi Riau. Perpustakaan ini dibangun dengan APBD Riau yang dianggarkan dalam gerakan pendidikan Riau Membaca. Selain jadi tempat membaca dan pusat koleksi buku, perpustakaan ini juga menjadi ruang publik buat masyarakat Pekanbaru. Biasanya pameran, bedah buku, hingga kumpul komunitas diadakan di sini.

Sumber Gambar

Bentuk arsitekturnya yang unik dan tradisional menggabungkan budaya melayu dan modern.  Dari gedung ini kamu, kamu akan disuguhi pemandangan kota Pekanbaru yang terlihat dari dinding kaca lebar yang mengelilingi gedung setinggi 6 lantai. Ngaak bakalan nyesel deh !!

Jam buka Perpustakaan Soeman HS
Senin – Jum at 08:00-15:45
Sabtu 08:00 – 22:00
Minggu 08:00 – 15:00

Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, Sleman

Sumber Gambar

Perpustakaan ini terletak di Kampus Terpadu UII Jl. Kaliurang KM. 14,5 Yogyakarta 55584. Perpustakaan ini memiliki lima lantai dengan luas 2,2 hektar. Pada tanggal 17 Oktober 2011 Gedung Perpustakaan diresmikan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Dr. Djero Watjik di dampingi oleh Ibu Dr. Meutia Hatta, putri Bung Hatta (alm) tokoh Pendiri UII dan Proklamator RI, dengan nama Gedung Mohammad Hatta, Perpustakaan dan Museum (Direktorat Perpustakaan) Universitas Islam Indonesia.

Sumber Gambar

Selain memiliki koleksi pustaka yang cukup lengkap, tempat membaca dan gedungnya juga cukup luas dan nyaman, dan yang terpenting ada free wifi nya kunceng heheh... yang unik dari Perpustakaan ini adalah adanya situs candi yang berada dilantai dasar yang bernama Candi Kimpulan yang ditemukan ketika proses pembangunan gedung.

Direktorat Perpustakaan UII membuka layanan setiap hari Senin - Jumat (pukul 08.00 - 22.00 WIB) dan hari Sabtu (pukul 08.00 - 16.00 WIB).

Perpustakaan Universitas Malahayati, Bandar Lampung

Sumber Gambar

Perpustakan yang terletak di  Jl. Pramuka, No. 27, Gedung Terpadu, Lantai 8 , Komplek Kampus Universitas Malahayati, Bandar Lampung. Yang bikin keren dari perpustakaan ini karena bangunan yang luas dan ribuan buku, kamu akan merasakan sensasi berkunjung ke perpustakaan yang tidak biasa. Kenapa? Soalnya, perpustakaan ini dikelilingi kolam ikan di dalamnya!

Sumber Gambar

Yup, di sepanjang rak-rak buku, ada kolam ikan yang ikut menambah suasana jadi makin asyik dan betah untuk berlama-lama. Selain itu Perpustakaan Universitas Malahayati juga dilengkapi dengan miniatur rumah adat dari seluruh Indonesia.

Jam Buka Perpustakaan
senin-jum'at : 08:00 - 22:00 WIB
sabtu : 08:00 - 14:00 WIB
Minggu Libur

Micro Library Bima, Bandung

Sumber Gambar

Perpustakaan yang memiliki bentuk gedung modern ini terletak di Jl. Bima No.103, Arjuna, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40172. Tapi jangansalah yaa, bentuk modern gedung itu dibuat dari bahan daur ulang Dua ribu ember plastik es krim digunakan untuk menyusun fasad bangunan. Ember-ember ini berfungsi sebagai pencahayaan dan ventilasi alami. Di samping itu, ember-ember plastik ini disusun membentuk kode biner berdasarkan permukaan ember yang berbeda, yang diterjemahkan menjadi "buku adalah jendela dunia".

Sumber Gambar

Pada awalnya, alih-alih ember es krim, jerigen plastik akan digunakan sebagai fasad bangunan ini. Akan tetapi, jumlahnya tidak mencukupi ketika pembangunan berlangsung. Walapun hanya berukuran 160m persegi tapi tetep Keren dan kraeatif kan..

Jam Buka Setiap Hari

Freedom Institute, Jakarta

Sumber Gambar

Terletak di Wisma Bakrie, Jl. H. R. Rasuna Said No.Kav, B-1, RT.11/RW.2, Kuningan, Karet Kuningan, Menteng, South Jakarta City, Jakarta 12920. Perpustakaan Freedom Institute punya gaya minimalis lengkap dengan deretan sofa empuk yang akan membuat kamu betah. Di sini, ada banyak koleksi buku bertema sosial politik, budaya, hingga buku-buku asing yang langka di pasaran. Jumlah bukunya pun tak banyak sekitar 4.000 buku.

Sumber Gambar

Namun sayang kita tidak bisa meminjam buku untuk di bawa pulang.. tapi suasanya nyaman dan mirip di kafe kok, bisa sekalian buat foto-foto., hehe
Perpustakaan Freedom bisa kamu kunjungi dari Senin sampai Jumat dan tutup pukul 21.00.

Perpustakaan Universitas Gajah Mada, Yogyakarta

Sumber Gambar


Terletak dilingkungan kampus Universitas Gadjah Mada, Jl. Bulak Sumur, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. disebut-sebut sebagai bangunan yang eco friendly. Beranjak dari bangunan bergaya kolonial yang tampak berat namun kokoh, gedung perpustakaan Universitas Gadjah Mada sekarang tampak modern dengan jendela-jendela kaca yang melegakan, hingga di bagian atas gedung juga.

Sumber Gambar

Pencahayaan alami ini benar-benar sesuai dengan alam tropis yang memiliki sinar matahari melimpah. Alhasil, eksterior gedung ini menciptakan interior yang cozy, jauh dari kesan suramnya gedung perpustakaan yang ada selama ini.

Koleksinya juga lengkap dan ruanganya cukup luas dengan sofanya dan hawa dingin AC mirip di kape-kape deh pokoknya wkwk.

Untuk jam bukanya
Senin sampai Jum’at 08:00 - 20:00.
Sabtu 08:00 – 12:00.
Minggu Libur

Jadi  itulah beberapa rekomendasi Perpustakaan yang keren dan unik. Selain itu koleksi dan kenyamanan perpustakaan menjadi daya tarik tersendiri juga..

Comments