-->

Tempat Wisata Terfavorit di Jogja Versi Pengunjung


Sumber Gambar 

Halo Sahabat Tentang Kita! Yogyakarta merupakan kota yang bisa disebut sebagai kota seribu wisata. Ada berbagai tempat pariwisata yang dapat kita pilih, cukup komplit memang dari wisata alam pegunungan , pantai, museum, situs, maupun tempat belanja.

Dari sekian banyaknya tempat wisata tersebut ada beberapa yang menjadi favorit bagi wistawan. Berikut beberapa tempat wisata jogja terfavorit berdasarkan jumlah pengunjungnya.

8 . Tebing Breksi

Sumber Gambar 

Tempat wisata ini pertama dibuka pada tahun 2015, ya memang tergolong masih baru sih. Tebing Breksi sebenarya dulunya merupakan bekas tambang batu kapur, namun kemudian di jadikan tempat wisata setelah dilakukan beberapa modifikasi. 

Tebing Breksi terletak Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572. Letaknya tidak jauh dari cabdi prambanan, candi ijo, dan candi Ratu Boko. Keungulan tempat ini adalah juka kita berasa di puncak maka akan terlihat pemandangan gunung merapi dan kota jogja. Selain itu tempatnya instagramabel banget untuk foto foto.
Sumber Gambar

Waktu paling tepat ketempat ini adalah pagi dan sore, karena berada ditempat terbuka maka kalau siang cukup panas. Tempat ini masuk kedalam daftar favorit karena dikunjungi sekitar 1,1 jita wisatawan pertahun 2019.

7. Kawasan Wisata Mangunan

Sumber Gambar 

Mangunan terletak di Dlingo, Mangunan, Imogiri, Bantul, Yogyakarta merupakan sebuah kawasan yang terdiri dari beberapa tempat wisata yang berdekatan. Kawasan yang merupakan perbuktian hutan pinus ini menyadikan panorama pemandangan yang cukup indah dan hawa sejuk sangat cocok untuk liburan anda.

Sumber Gambar

Dikawasan ini terdapat beberapa tempat wisata seperti Hutan Pinus Mangunan, Kebun Buah Mangunan, Pinus Pengger, Songgo Langit, Jurang Tembelan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bagi anda yang menyukai kawasan wisata berhawa sejuk dan memiliki pemandangan alam yang indah dan pastinya asyik buat fofo-foto jangan lewatkan kawasan ini ketika berkunjung ke Jogja. 

6. Gembira Loka Zoo

Sumber Gambar

Gembira Loka Zoo  atau sering kita menyebutnya Kebun Binatang Gembira Loka merupakan tempat wisata kebun binatang yang berada di Yogyakarta. Ditempat ini kita dapat melihat  berbagai macam spesies dari belahan dunia, seperti orangutan, gajah asia, simpanse, harimau, dan lain sebagainya. Kebun Binatang Gembira Loka menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan Yogyakarta.
Sumber Gambar

Kawasan wisata ini sangat cocok untuk berekreasi edukasi bareng dengan keluarga. Selain memiliki koleksi hewan Gembira loka juga menyedian banyak wahana seperti perahu KATAMARAN, skuter air, terapi ikan, gajah tungang, dan masih banyak wahana yang lainnya. Dalah satu tahun pengunjung Gembiraloka Zoo bisa mencapi 1,4 juta pengunjung lho..

5. Kawasan Malioboro, Nol Kilometer, Keraton Yogyakarta

Sumber Gambar

Tiga kawasan ini kami jadikan satu karena cukup berdekatan dan merupakan satu jalur, dan biasanya satu paket dala tour wisata. Dikawan mailoboro kita dapat berbelanja oleh-oleh mulai adri pernak pernik, kaos, hingga makanan khas Yogyakarta. Ketika malam hari kita disuguhi berbagai penjual jajanan yang cukup lengkap mulai dari angkringan sampai makanan besar pun ada, dengan iringan pengamen khas lesehen.
Sumber Gambar

Di kawasan Nol Kilometer kita akan lebih nikmat mengunjunginya bila malam hari, selain tidak begitu panas hawanya. kita juga dapat melihat beberapa gedung kuno denganlampunya yang semakin menambah kesan eksotiknya. Dengan lalu lalang kendraanya dengan secangkir wedang ronde.

Untuk kawasan Keraton Yogyakarta kita dapat melihat keindahan bangunan keraton yang klasik serta dapat melihat beberapa koleksi benda yang dimiliki keraton. Disarankan ketika mengunjungi Keraton mengunakan Tour guide supaya kita mendapat penjelsan dan tahu aturanya, karena beberapa ruangan memiliki aturan sendiri.

4. Kawasan Pantai Baron, Krakal, Kukup

Sumber Gambar

Panti ini berada dikawasan Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Baron memiliki karakteristik pasir coklat kehitaman sangat mirip pasir yang ada di pantai Parangtritis, ombak pantai pun tergolong cukup besar meskipun seperti teluk. Pantai Gunungkidul ini memiliki keunikan bila dibandingkan dengan pantai di Gunungkidul lainnya, sebab ditempat wisata tersebut pengunjung mendapati dua jenis air yakni air asin dan air tawar yang bersumber dari sungai di pantai baron.

Sumber Gambar

Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, 1 km Timur Pantai Baron. Pantainya berpasir putih. Terdapat jalan setapak yang membelah bukit sampai Pantai Baron, serta sebuah pulau karang yang dihubungkan dengan jembatan kecil. Dari atas Pulau karang kita dapat melihat hamparan pantai yang cukup luas dan sangat indah.
Sumber Gambar

Pantai Krakal memiliki bibir pantai yang luas dan terpanjang di antara pantai-pantai lain di Gunung Kidul. Pantai ini berbentuk landau, lalu dengan hamparan pasir putih sepanjang 5 kilometer. Selain itu terdapat angin laut yang sejuk dengan deburan ombak melewati karang-karang besar.
Ketiga kawasan tersebut cukup ramai ketika musim liburan sehingga pengunjung bisa mencapai 2 juta wisatawan.

3. Kawasan Kaliurang 

Sumber Gambar

Kawasan Kaliurang terletak di lereng Gunung Merapi Sleman, Daerah ini memiliki ketinggian sekitar 850 meter di atas permukaan laut.  Kawasan wisata Kaliurang memiliki udara yang sangat sejuk dengan  latar belakang gunung Merapi. Kawasan wisata ini sempat berhenti beroperasi setelah erupsi Merapi tahu2010 yang lalu kini mulai bangkit lagi. Kaliurang menawarkan berbagai tempat wisata  baru mulai Museum Ullen Sentalu, The Lost World Castle, Rumah Hobbit Kaliurang, Stonehenge Jogja, dan Merapi Park hingga Lava Tour.
Sumber Gambar

Dikawasan ini kita akan disuguhi cukup komplit, mulai dari taman, air terjun, museum, hingga lav tour dengan mengunakan kendaraan jeep. Dari sekian tempat dikaliurang maka pengunjung cukup banyak yang berwisata.

2. Candi Prambanan

Sumber Gambar

Kawasan Candi ini terletak di Jl. Raya Solo - Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571. Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang merupakan candi batu agama Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. 

Lokasi Kompleks Candi Prambanan terletak di 2 wilayah administrasi yang berbeda. Yaitu kecamatan Prambanan – Sleman, dan kecamatan Prambanan – Klaten. Kurang lebih sekitar 17 kilometer sebelah timur laut kota Jogja. Jarak tempuhnya sekitar 30 hingga 40 menit dari pusat kota Jogja. Sama seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan merupakan magnet bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Jogja.
Sumber Gambar

Jam buka Candi Prambanan adalah dari pk. 06.00 WIB sampai pk. 17.00 WIB. Berkunjung ke Candi Prambanan di sore hari adalah salah satu opsi yang menarik, karena kita bisa sekalian menikmati keindahan matahari terbenam dan suasana senja dari dalam candi. Jumlah pengunjun di candi ini mencapai 2,4 juta pengunjung pertahu loh..

1.Pantai Parangtritis

Sumber Gambar

Pantai Parangtritis terletak di Kretek, Bantul, Yogyakarta. Pantai ini terletak disebelah selatan kota Yogyakarta dan berjarak sekitar 27 km dari pusat kota Yogyakarta. Parangtritis memiliki pemandangan yang sangat indah, apalagai jika anda  mengunjunginya pada sore hari atau pagi hari. Hamparan bibir pantai yang luas, ombak yang berdeburan menambah keindahan pantai ini. 
Sumber Gambar

Di pantai ini terdapat beberapa penginapan dan juga banyak wahana yang dapat kita nikmati seperti Kereta kuda, Sewa ATV, aneka jajanan dan lain sebagainya. Pantai yang cukup terkenal ini bisa sampai dikunjungi oleh 2,8 juta wisatawan per tahun.

Nah,, itulah destinasi tempat wisata yang ada di Yogyakarta yang paling banyak pengunjungya berdasarkan data dari Dinas Pariwisata Yogyakarta. Mungkin bisa jadi refrensi anda ketika berkunjung ke Jogja. 

Comments