-->

Pesona Air Terjun Tertinggi di Indonesia, Sigura gura Waterfall

Sumber Gambar

Indonesia memiliki banyak wisata air terjun, setiap tempat memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Namun yang akan kita bahas kali ini adalah destinasi tempat wisata air terjun tertinggi di Indonesia yaitu Sigura-gura

Air Terjun Sigura-gura merupakan salah satu objek wisata alam yang menjadi unggulan bagi masyarakat Provinsi Sumatera Utara, khususnya masyarakat Kabupaten Toba Samosir. Untuk letak persisnya Sigura-gura terletak di Kabupaten Toba Samosir yang tak lain adalah dataran tinggi di pinggiran Danau Toba tepatnya 250 km dari pusat Kota Medan.
Sumber Gambar

Dengan ketinggian mencapai 250 meter, Air Terjun Sigura gura merupakan yang tertinggi di Indonesia. Angka ini mengalahkan Air Terjun Madakaripura (200 meter) dan Air Terjun Payakumbuh (150 meter) yang berada di Sumatera Barat.

Tempat wisata air terjun ini kita akan disuguhi udara yang sejuk karena banyaknya pepohonan rindang yang mengelilingi Air Terjun Sigura-gura serta landscape yang cukup indah dengan kontur alam berbukit-bukit dan terdapat pula lembah, tebing batu, jurang, celah gunung maupun kawasan hutan yang hijau.
Sumber Gambar

Dari kejauhan kita sudah dapat mendengar dentuman airnya akan terdengar dengan cukup jelas, dan kita juga dapat melihatnya dari seperti air terjun raksasa. Air Terjun ini memang mengalir dengan debit yang sangat deras. Air Terjun Sigura-Gura bersumber dari Sungai Asahan yang mana air Sungai Asahan ini datangnya dari Danau Toba

Fasilitas Yang Tersedia 

Karena Air terjin ini cukup terkenal maka fasilitas tempat parkir cukup luas dan juga memadai. Tersedia juga fasilitas umum lainnya seperti toilet, dan ruang ganti pakaian. Disekitar pintu masuk kita juga dapat menemukan warung-warung makanan dan oleh-oleh milik warga lokal dengan harga yang cukup terjangkau. Serta di beberapa tempat menuju air terjun terdapat gazebo untuk sekedar istirahat atau duduk-duduk menikmati pemandangan khas perbukitan.

Daya Tarik Wisata

Panorama Air Terjun : karena terletak di kawasan bukit barisan yang termasuk dataran tinggi maka kita akan merasakan hawa sejuk serta pemandangan air terjun yang indah jika dilihat dari gardu pandang.

Berendam Air : tidak lengkap rasanya jika kita berwisata ketempat air terjun tanpa bermain air atau sekedar berendam. Airnya yang sejuk cocok untuk mengembalikan badan yang lelah setelah melewati jalanan yang panjang dan melelahkan.

Berfoto Atau Fotografi : kita dapat mengambil foto dengan latar belakang air terjun, tak jarang pula beberapa fotografer mengambil gambar disini. Tapi sebaiknya pada siang hari karena pagi atau sore sring berkabut.

Arung Jeram : Arus sungai di sekitar kawasan Air Terjun Sigura-gura yang lumayan deras dengan kontur bebatuan yang membuatnya cocok untuk dijadikan tempat olahraga air yang menguji adrenalin ini. Maka tak jarang sering dilaksanakan kompetisi arung jeram tingkat nasional bahkan internasional ditempat ini

Camping : karena merupakan wisata alam maka kita dapat camping disekitar air terjun, namun perlu diperhaatikan juga tempat kita mendirikin tenda jangan terlalu dekat dengan aliran sungai dan tebing.

Jalur Menuju Air Terjun Sigura-gura
Sumber Gambar 

Jika kita ingin menuju lokasi kawasan wisata Air Terjun Sigura-Gura, pengunjung yang berada di Kota Medan perlu melakukan perjalanan menuju Kabupaten Toba Samosir. Jarak antara Kota Medan dan Kabupaten Toba Samosir sekitar 250 km.

Sedangkan untuk Pengunjung yang dari luar Sumatera Utara bisa menuju ke Medan terlebih dahulu. Baik melalui jalur udara maupun laut. Jalur laut bermuara di Pelabuhan belawan. Sedangkan jalur udara, bermuara di Badara Kuala Namu.

Satu tips saat berkunjung ke air terjun tersebut adalah fisik yang kuat. Pasalnya perjalanan yang panjang selama 4 jam mungkin membuat banyak wisatawan merasa lelah. Selain itu, trek untuk menuju air terjun sigura gura bisa dikataan cukup curam dan berkelok – kelok. Bagaimana tidak, rutenya melalui pegunungan bukit barisan.

Jam Buka Air Terjun Sigura Gura

Kawasan wisata Air terjun Sigura Gura buka 24 jam, namun perlu dipertimbangkan jika ingin mengunjungi air terjun saat sudah malam, terutama dari sisi keamanan karena kurang-nya fasilitas penerangan, Serta harus melihat kondisi cuaca.

Tiket Air Terjun Sigura Gura

Untuk harga tiket memasuki kawasan air terjun sigura gura, pengunjung dikenakan biaya Rp 10.000 per pengunjung. 

Mungkin hanya itu saja sahabat Tentang Kita ulasan air terjun tertinggi di indonesia, semoga infonya bermanfaat. 

Comments