-->

7 Fakta Unik Gurita : Memiliki Tiga Jantung Hingga Memakan Tentakelnya Sendiri



Gurita merupakan hewan laut yang masuk dalam kelas Cephalopoda. Hewan moluska ini cukup terkenal dikalangan para peneliti karena memiliki keunikan dan kecerdasan diatas rata-rata pada hewan laut. Banyak peneliti sangat tertarik dengan hewan ini karena banyak hal yang dapat di kaji dari si gurita ini, berikut fakta unik dari hewan tersebut :

1. Punya tiga jantung dalam satu tubuh 


Seperti kerabatnya, cumi-cumi, gurita pun memiliki tiga organ jantung dan punya fungsi yang berbeda. Dua jantungnya bergerak ke arah insang untuk mengatur pernapasan dan yang satu lagi memompa darah ke seluruh tubuh gurita. Kehadiran tiga jantung pada organ tubuh gurita membuatnya lebih menyukai jalan merangkak dibanding berenang. Hal ini karena saat berenang, salah satu organ jantungnya terhenti dan jantung lainnya bekerja lebih keras.

2. Gurita Ahli Berkamuflase 


Gurita dapat mengubah pigmen kulitnya agar bisa bersembunyi di lingkungannya dengan lebih baik hanya dalam waktu 3 detik saja. Mereka melakukan ini dengan menggunakan sel khusus yang dikenal sebagai kromatofora yang menyimpan pigmen berwarna berbeda. Tidak hanya dapat berubah warna, mereka juga dapat beradaptasi dengan berbagai pola dan tekstur yang ditemukan di lingkungan mereka. Bahkan gurita dapat meniru warna dari hewan lain yang beracun, untuk mengelabuhi predator.

3. Gurita buta warna 


 Mereka memiliki kesulitan khusus dalam membedakan warna merah, hijau dan, kadang-kadang, biru. Oleh sebab itu maka gurita sangat sensitif dengan gerakan apapun yang ada disekitarnya.

Baca Juga7 HewanPaling Sadis Dalam Memburu Mangsanya

4. Dapat meregenerasi  anggota tubuh  


Jadi ketika salah satu tentakel dari gurita diamputasi karena alasan apa pun, maka mereka dapat meregenerasi anggota tubuh ini. Ini mirip dengan makhluk laut lainnya seperti bintang laut

5. Gurita punya kehidupan yang singkat 


Walaupun gurita cerdas dan lihai dalam mempertahankan keberadaannya dari predator, sayangnya, hewan ini memiliki umur yang pendek. Kebanyakan dari spesies gurita hanya dapat bertahan hidup kurang dari 1 tahun, tepatnya sekitar 6 bulan saja.

6. Gurita bisa memakan tentakelnya sendiri saat merasa stres 


Di dunia hewan, perilaku memakan anggota tubuh sendiri dinamakan  autophagy. Saat stres dan merasa tertekan, gurita akan mengunyah dan memakan salah satu tentakelnya sendiri.

7. Memilki tiga cara bertahan 


Fauna laut ini memiliki tiga mekanisme pertahanan diri yaitu kantong tinta, kamuflase dan memutuskan lengan tentakelnya. Uniknya kedelapan lengan gurita dapat diputuskan sewaktu-waktu, tujuannya adalah untuk melindungi diri dari musuh (metode ini serupa dengan metode perlindungan pada cicak).

Nah Sahabat Tentang Kita sekarang sudah tahu lebih banyak tentang fakta unik gurita. Semoga bisa menambah pengetahuan kita.

Comments