-->

Cara Mencuci Jaket Gunung Yang Benar, Agar Tetap Awet dan Tidak Rusak



Halo Sahabat Tentang Kita.  Ketika kita melakuan kegiatan pendakian gunung, jaket gunung merupakan perlengkapan yang wajib kita bawa. Pastinya jaket yang berbahan waterproof (tidak tembus air) dan windproof (tidak tembus angin) . Bahan jaket yang bisa dikatakan “tidak biasa” untuk kegiatan sehari-hari tentu saja memerlukan perawatan yang tidak biasa juga. Ada perlakuan khusus yang harus Anda lakukan untuk membuat jaket gunung Anda awet dan tidak rusak pada lapisan sealnya.

Selain memang memiliki fungsi yang harus dipertahankan, jaket gunung harganya memang lebih mahal dari jaket pada biasanya. Kan sayang kalau ngerawatnya kurang tepat, bisa cepat rusak. Berikut ini Tentang kita akan membetikan cara untuk mencuci jaket gunung.

1. Baca Label  Yang Tertera Pada Jaket Anda


Hal pertama yang harus kita perhatikan adalah membaca label yang tertera pada jaket. Biasanya terletak pada krah bagian dalam atau samping bagian dalam, dengan membaca label tersebut kita dapat mengetahui bagai mana cara yang di perbolehkan untuk mencuci dan apa yang tidak diperbolehkan. Hal tersebut perlu dilakukan karena setiap jenis dan brand jaket memiliki karakter dan bahan yang berbeda.

2. Keluarkan Semua Barang Pada Saku Jaket


Pastikan kita mengecek dan mengeluarkan semua  barang yang berada dalam kantong jaket, ini bertujuan supaya ketika kita sudah merendam tidak ada barang yang dapat merusak atau memberikan noda pada jaket. 

3. Buka Pada Bagian Hoody


Buka pada bagian hoody, biasanya kita sering lupa membuka bagian tersebut karena di dalam resleting padahal biasanya kotoran lumayan banyak pada bagian itu. 

4. Kendurkan Semua Tali Elastis


Mengendurkan semua tali elastis pada jaket betujuan supaya semua bagian terkena air sehingga noda dan kotoran pada lipatan jadi nersih.

5. Rendam Dengan Air Biasa


Merendam jaket dengan air bersih biasa sebenarnya sudah membersihkan jaket, tapi harus diperhatikan jangan merendam dengan cara melipat atau bahkan menumpuk dan jangan terlalu lama merendamnya. Alangkah bagusnya gunakam bak yang besar.
Bahan jaket yang waterproof memudahkan kita untuk membersihkanya karema biasanya kotoran tidak meresap, kebayakan debu, dedaunan atau tanah.

6. Gunakan Sabun/Shampo Bayi


Pada jaket terdapat lapisan yang membuatnya waterproof (tidak tembus air) dan windproof (tidak tembus angin). Yang mama lapisan itu hanya bertahan pada kandungan pH rendah jadi jangan mengunakan ditergen, atau sabun cuci.
Gunakan sabun bayi atau sampo bayi pada bagian yang terlihat cukup kotor saja, kemudian kucek perlahan. Kemudaian....

7. Sikat dengan Gosok Gigi


Pengunaan sikat gigi atau sikat lembut lainnya hanya digunakan ketika terdapat noda atau kotoran yang membandel. Sikat dengan perlahan pada bagian bagian yang kotor denga dengan sabun bayi atau shampo bayi.

8. Jangan Diperas


Setelah selasai proses pencucian, hindari memeras jaket karena dapat merusak lapisan seal pada bahan jaket. Tekan tekan dengan tangan untuk mengurangi sisa air

9. Cara Pengeringan


Untuk mengeringkanya, gunakan hanger kemudian angin-anginkan. Gantung jaket dan jangan terkena sibar matahari langsung, biarkan mengering perlahan.

10. Cara Penyimpanan


Simpan jaket pada gantungan baju kemudian tempatkan ditempat kering. Jangan melipat jaket karena hasil lipatan akan membekas dan dpat merusak lapisan pada jaket. 

Nahh gimana Sahabat Tentang Kita, itulah beberapa cara supaya jaket anda teidak rusak dan awet. Dengan perawatan yang tepat maka jaket tetap nyaman di pakai dan berfungsi sebagai mana mestinya. 

Comments