-->

Cara Mengatasi Audio dan Speaker Laptop Tidak Keluar Suara

Halo Sahabat Tentang Kita. Dalam kehidupan sehari hari mungkin bagi mahasiswa atau pekerja pasti tidak lepas dari yang namanya Laptop. Setiap kita mengerjakan tugas di laptop pastinya memerlukan hiburan musik untuk menemani kerja kita. Tetapi apa yang terjadi jika speker  tiba-tiba hilang suaranya? Itu adalah salah satu masalah yang cukup umum ditemui oleh banyak orang. Namun, kamu tidak perlu panik dan cobalah beberapa tips di bawah ini.


1. Instal ulang driver audio mengunakan software resmi


Langkah pertama untuk mengatasi laptop tidak ada suara adalah dengan cara mereset ulang audio dengan menginstall ulang driver audio. Klik kanan pada Start menu > Device Manager > klik tombol + pada bagian Sound, Video and Game Controllers. Dari situ, bisa terlihat merek driver audio yang terpasang -Atau langsung Install ulang sistem bawaan dengan cara Klik kanan pada Start Menu > Device Manager > Klik kanan pada Driver audio > Update driver

2. Melihat pengaturan pada System Sound


Langkah lanjutan untuk memperbaiki laptop tidak ada suara adalah dengan mengecek dari pengaturan sound pada Windows. Pastikan bahwa System Sound saat itu aktif.

3. Kembalikan posisi default speaker


Pada langkah ini, laptop tidak ada suara bisa terjadi karena posisi default audio sehingga tidak ada bunyi yang keluar. Rata-rata berubahnya default audio yang menyebabkan speaker tidak berbunyi, kemungkinan anda sebelumnya mengunakan aplikasi untuk recording atau gaming yang membuat setting otomatis berubah.


4. Pastikan speaker tidak ter-disable


Masih di pengaturan yang sama, kamu juga perlu memastikan speaker tidak dalam keadaan disable. Dalam posisi ini, suara tidak akan terdengar karena kontrol ini. Begini cara mengeceknya:

5. Install driver dengan software pihak ketiga


Jika anda telah melakukan semua langkah pengaturan bawaan laptop tapi hasilnya nihil, cara berikutnya untuk memperbaiki laptop tidak ada suara adalah dengan memasang software pihak ketiga dengan cara mendowload aplikasi ini. Third party software yang ada bervariasi sesuai kebutuhan. Dan yang sering direkomendasikan adalah Driver Max.

6. Membawa laptop ke service center


Apabila semua cara di atas tetap tidak mampu mengatasi suara laptop hilang, solusi terakhirnya adalah dengan membawanya ke service center. Karena kemungkinan terjadi kerusakan pada hardrive laptop anda bukan pada drive leptop.

Itulah beberapa solusi ketika speaker pada laptop anda tidak bisa mengeluarkan suara. Semoga bermanfaat yaa..

1 comment

  1. bisa baca ini juga ya https://bangamingadget.com/mencegah-kerusakan-speaker-laptop/ semoga membantu