-->

The Seven Summit in The World : Tujuh Puncak Gunung Tertinggi di Dunia


The Seven Summit in The World adalah daftar gunung tertinggi di masing-masing dari tujuh benua. Mereka adalah beberapa puncak yang paling dicari di planet ini. Dari gletser keras Gunung Kilimanjaro di dataran Afrika, hingga tebing kapur putih di Piramida Carstensz  yang menjulang dari hutan hujan yang sangat indah Indonesia, hingga Gunung Vinson di antara lapisan es Antartika, 

Berikut ini tentang kita akan memberikan daftar tujuh gung tertinggi di Bumi yang berada di beberapa benua :

1. Gunung Everest • 29.035 '/ 8.850m


Asia • Nepal • Himalaya

Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia. Dinamakan "Chomolungma" dalam bahasa Tibet dan "Sagarmatha" dalam bahasa Nepal, ia melintasi perbatasan antara Cina dan Nepal di Pegunungan Himalaya Besar Asia. Dengan ketinggian yang ekstrem, cuaca buruk, dan logistik yang menantang, Gunung Everest adalah upaya serius dan puncak karier banyak pendaki gunung. Ini adalah petualangan spektakuler di Lembah Khumbu yang indah di Nepal, rumah dari suku Sherpa yang terkenal.

Pendakian Pertama: Tenzing Norgay dan Sir Edmond Hillary pada tahun 1953

Pendakian Penting Lainnya: Pendakian Amerika pertama oleh Jim Whittaker pada tahun 1963. Pendakian pertama tanpa oksigen tambahan oleh Reinhold Messner pada tahun 1978.

Fakta Cepat: Saat pendaki gunung Inggris George Mallory dan Andrew Irvine tewas di sisi utara Gunung Everest tepat di bawah puncak pada tahun 1924, mereka menjadi panggung salah satu misteri besar pendaki. Tidak ada yang tahu apakah mereka mencapai puncak hampir 30 tahun sebelum pendakian resmi pertama pada tahun 1953.

2. Cerro Aconcagua • 22,892 ’/ 6,962m


Amerika Selatan • Argentina • Andes

Aconcagua adalah titik tertinggi di Belahan Barat dan Selatan, dan puncak tertinggi di luar Asia. Kredensial ini, dikombinasikan dengan rute pendakian yang relatif mudah diakses, menjadikannya salah satu yang paling didaki dari Seven Summits. Ekspedisi pendakian akan dimulai di Mendoza, di negara penghasil anggur cerah Argentina. Kemudian dilanjutkan melakukan perjalanan ke Pegunungan Andes yang gersang ke Kamp Dasar Plaza de Mulas, base camp terbesar kedua di dunia setelah Kamp Dasar Everest. Di sana kita bisa menikmati pancuran air panas dan makanan enak. Rutenya sendiri menawarkan pemandangan spektakuler dari beberapa puncak tertinggi di Andes.

Pendakian Pertama: Matthias Zurbriggen pada tahun 1897.

Pendakian Penting Lainnya: KTT termuda oleh orang Amerika Tyler Armstrong, 9 tahun, pada 2013. Pendakian pulang pergi tercepat - 11 jam, 52 menit - oleh Karl Egloff pada tahun 2014.

Fakta Cepat: Tenda di Kamp Dasar Plaza de Mulas adalah rumah bagi salah satu galeri seni kontemporer tertinggi di dunia.

3. Denali • 20,320 '/ 6.194m


Amerika Utara • Amerika Serikat • Pegunungan Alaska

Dalam bahasa asli Koyukon Alaska, Denali berarti "Yang Agung". Selain sebagai puncak tertinggi di Amerika Utara, ia membanggakan kenaikan basis-ke-puncak terbesar dari semua gunung yang seluruhnya di atas permukaan laut. Meski bukan yang tertinggi dari Seven Summits, lokasinya yang di utara membuat pendaki harus menghadapi cuaca dingin yang parah dan badai yang tiba-tiba, yang menjadikan Denali salah satu gunung paling menantang di dunia. Dalam ekspedisi Denali, pendaki anda dapat menantikan pemandu yang sangat berpengalaman, makanan dan layanan terbaik yang tersedia di gunung, dan penerbangan terkenal dari Talkeetna ke base camp di Gletser Kahiltna sebelum mendaki West Buttress Route klasik melalui beberapa yang paling banyak. medan dramatis di benua itu.

Pendakian Pertama: Walter Harper, Harry Karstens, Walter Stuck dan Robert Tatum pada tahun 1913.

Pendakian Penting Lainnya: Pendakian wanita pertama oleh Barbara Washburn pada tahun 1947. Pendakian musim dingin pertama oleh Ray Genet, Art Davidson dan Dave Johnston pada tahun 1967.
Fakta Cepat: Stasiun cuaca di Denali telah mencatat suhu musim dingin serendah minus 99 Fahrenheit.

4. Gunung Kilimanjaro • 19.340 '/ 5.895m


Afrika • Tanzania • Kibo

Kilimanjaro adalah gunung berdiri bebas tertinggi di Bumi. Ini adalah gunung berapi yang menjulang di Tanzania utara, terlihat bermil-mil jauhnya dari dataran Serengeti hingga padang rumput Maasai Mara. Meskipun “Kili” julukan untuk gunung ini sangat tinggi, cuacanya yang relatif tidak berbahaya dan rute trekking non-teknis ke puncaknya menjadikannya salah satu yang paling mudah diakses dari Tujuh Puncak. Dalam ekspedisi Kilimanjaro, trekker senang ditemani staf Tanzania yang ramah dan pemandangan gletser yang dramatis di dekat puncak gunung. Kebanyakan pendaki memilih untuk berlama-lama di Afrika untuk bersafari di Serengeti atau di Dataran Tinggi Ngorongoro.

Pendakian Pertama: Hans Meyer dan Ludwig Purtschellar pada tahun 1889, setelah pendakian enam minggu.

Pendakian Penting Lainnya: Pendakian pulang pergi tercepat - 6 jam, 42 menit - oleh Karl Egloff pada tahun 2014. Puncak tertua oleh Anne Lorimor, 89, pada tahun 2019.

Fakta Singkat: Kilimanjaro terdiri dari tiga kerucut gunung berapi yang berbeda: Kibo, yang tertinggi; Mawenzi (16.893 kaki '); dan Shira (13.140 '). Kibo tidak aktif tetapi mungkin meletus lagi.

5. Gunung Elbrus • 18.510 '/ 5.642 m


Eropa • Rusia • Pegunungan Kaukasus

Mount. Elbrus adalah gunung berapi aktif di utara perbatasan Eropa dan Asia, menjulang tinggi di atas tetangganya di Pegunungan Kaukasus Rusia. Dua puluh dua gletser mengalir menuruni lerengnya. Mt. Elbrus adalah pilihan yang sangat baik bagi mereka yang masih mempraktikkan keterampilan ekspedisi ketinggian, karena pendaki dapat menghabiskan setiap malam ekspedisi di hotel yang nyaman atau pondok gunung yang tinggi. Kursi gantung membawa pendaki ke 12.052 ', dan kucing salju tersedia untuk membawa pendaki lebih tinggi lagi. Mountain Gurus menawarkan rencana perjalanan Elbrus Express 7 hari, rencana perjalanan 10 hari yang mencakup tur Moskow, dan tur opsional Saint Petersburg setelah pendakian.

Pendakian Pertama: Khillar Khachirov, 1874.

Pendakian Penting Lainnya: Pada tahun 1997, tim Rusia membawa Land Rover Defender ke puncak menggunakan sistem katrol. Itu lepas kendali saat turun, dan pengemudinya melompat keluar sebelum jatuh.

Fakta Cepat: Perlombaan menuju puncak diadakan setiap tahun. Ini pertama kali dimenangkan oleh pendaki terkenal Rusia Anatoli Boukreev pada tahun 1990. Pada tahun 2010, Andrzej Bargiel mencetak rekor saat ini ke puncak dalam 3 jam, 23 menit, 37 detik.

6. Vinson Massif • 16.050 '/ 4.892m


Antartika • Pegunungan Sentinel

Gunung ini menjulang tinggi di atas Rak Es Ronne hanya 750 mil dari Kutub Selatan, Gunung Vinson adalah yang tertinggi kelima dari Seven Summits yang terkenal, tetapi karena cuaca buruk Antartika dan logistik yang kompleks, itu adalah yang terakhir ditemukan, yang terakhir diberi nama , dan yang terakhir didaki. Sebuah tim Amerika yang dipimpin oleh Nicholas Clinch melakukan pendakian pertama pada tahun 1966, lebih dari satu dekade setelah Tenzing Norgay dan Edmund Hillary menyentuh puncak Gunung Everest. Di Vinson, pendaki gunung berani menghadapi suhu dingin dan angin kencang sambil menahan kerasnya berkemah di es glasial. Mereka dihargai dengan pengalaman seumur hidup: mendaki melalui keindahan luar biasa dari benua yang tertutup es di musim ketika matahari tidak pernah terbenam.

Pendakian Pertama: 1966 oleh ekspedisi yang dipimpin oleh Nicholas Clinch.

Pendakian Penting Lainnya: Pendakian pertama ke sisi timur pada tahun 2001 oleh ekspedisi yang dipimpin oleh Conrad Anker.

Fakta Cepat: Para peneliti telah lama menduga bahwa ada gunung tinggi di Antartika Barat, tetapi Vinson tidak benar-benar terlihat sampai sebuah pesawat Angkatan Laut terbang cukup dekat pada tahun 1958.

7. Piramida Carstensz • 16.024 '/ 4.884m


Oseania • Indonesia • Jajaran Pegunungan Sudirman

Carstensz Pyramid adalah titik tertinggi di Indonesia, gunung tertinggi di Lempeng Kontinental Australia, dan gunung tertinggi di Oceania yang termasuk negara Australia. Secara lokal dikenal sebagai "Puncak Jaya", ini adalah puncak dramatis yang menjulang dari punggung bukit bergerigi Pegunungan Sundirman di pulau New Guinea yang subur. Meskipun bukan yang tertinggi atau paling berat dari Seven Summits, ini sering dianggap sebagai yang paling menantang secara teknis. Pendaki untuk sampai mendekati base camp dengan menaiki helikopter yang spektakuler ke pegunungan. Gunung ini merupakan satu-satunya tempat bersalju di Indonesia.

Pendakian Pertama: 1962 oleh pendaki gunung Austria yang terkenal, Heinrich Harrer.

Pendakian Penting Lainnya: Pada tahun 1936, ekspedisi Belanda mendaki puncak tetangga di Pegunungan Carstensz, termasuk Ngga Pulu, yang akan menjadi titik tertinggi saat itu sebelum pencairan gletser besar-besaran membentuk kembali gunung tersebut.

Fakta Singkat: Nama gunung ini diambil dari Jan Carstenszoon, seorang penjelajah Belanda yang melihatnya pada tahun 1623. Penampakan tersebut tidak diverifikasi selama 200 tahun, dan dia diejek karena mengklaim melihat gletser begitu dekat dengan ekuator.

Sahabat Tentang Kita, itulah tafi tujuh puncak gunung tertinggi yang ada di dunia. Minat mengunjunginya ? 

Comments